April 27, 2024

Pekanbaru, 20 Februari 2024 – Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahan UMRI mengadakan seminar bertajuk “Penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) 2 dan 4 untuk Dosen AIK UMRI” pada hari Senin, 20 Februari 2024. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan para dosen AIK tentang nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan, serta memperkuat komitmen mereka dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran.

Acara ini dibuka oleh Rektor UMRI, Dr. H. Saidul Amin, MA. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peran dosen AIK dalam membentuk generasi muda yang Islami dan berkemajuan. “Dosen AIK adalah garda terdepan dalam menyebarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan kepada mahasiswa dan AIK sendiri merupakan Ruh dari kampus-kampus Muhammadiyah,” kata beliau.

Narasumber pertama dalam seminar ini adalah Prof. Dr. H. Muhammad Nazir, MA, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMRI. Beliau menyampaikan materi tentang “AIK 2: Membangun Karakter Islami”. Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang pentingnya membangun karakter Islami pada diri mahasiswa, dan bagaimana dosen AIK dapat berperan dalam mewujudkannya.

Narasumber kedua adalah Dr. Baidarus, M.Ag, MM., Direktur Administrasi Umum dan Kepegawaian (DAUK) UMRI. Beliau menyampaikan materi tentang “AIK 4: Meneguhkan Komitmen Berkemajuan”. Dalam materinya, beliau menjelaskan tentang makna Islam Berkemajuan dan bagaimana dosen AIK dapat menanamkan nilai-nilai tersebut kepada mahasiswa.

Narasumber ketiga adalah Ketua Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) UMRI, Afdal, S.Ud, M.PI. Ketua LAIK menyampaikan materi tentang penggunaan Sikuli bagi dosen-dosen AIK UMRI. Selain materi, penggunaan sikuli juga langsung dipraktikan, sehingga seluruh dosen AIK dapat menggunakan SIkuli dalam proses belajar mengajar AIK selama satu semester ke depan.

Seminar ini diikuti oleh seluruh dosen AIK UMRI dengan antusias. Para dosen berkesempatan untuk berdiskusi dan bertanya kepada narasumber tentang berbagai hal terkait dengan AIK 2 dan 4 serta penggunaan Sikuli dalam proses perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Riau.

Di akhir acara Ketua LAIK UMRI berharap agar para dosen AIK terus meningkatkan kualitasnya dan menjadi teladan bagi mahasiswa. (BKV)